:: Kiai Super ::

Suatu Proses Kreatif…

Untuk Pemuda dan Mahasiswa

Oleh karena itu, sejak dulu hingga sekarang pemuda merupakan pilar kebangkitan. Dalam setiap keangkitan, pemuda merupakan rahasia kekuatannya. Dalam setiap fikrah, pemuda adalah pengibar panji-panjinya.” (Hasan Al-Banna)

Sejarah telah membuktikan, bahwa tonggak peubahan dan kebangkitan ada di tangan para pemuda. Hal ini berlaku untuk segala macam perubahan, termasuk di dalamnya adalah dakwah dan kebangkitan Islam. Dari sisi manapun, pemuda merupakan asset penting dalam sebuah perubahan.

Tentunya, untuk sebuah perubahan menuju kepada kebangkitan, di samping mensyaratkan adanya pemuda, juga perlu adanya syarat-syarat pendukung, agar perubahan itu berjalan menuju ke arah positif, ke arah perbaikan dan bukan sebaliknya, ke arah kehancuran.

Di antara syarat syarat yang diperlukan agar pemuda menjadi agen perubahan adalah adanya rasa keimanan yang kuat, keikhlasan dalam berjuang di jalannya, bersemangat dalam merealisasikannya, kesiapan untuk beramal dan berkorban dalam mewujudkannya.

Akan tetapi satu hal penting yang menjadi asas fundamental dalam persyaratan itu semua adalah pemahaman yang utuh dan menyeluruh terhadap dakwah dan Islam. Tanpa adanya pemahaman yang sempurna, maka, seorang pemuda hanya akan menjadi agen perubahan yang tidak seimbang di sana-sini, jalannya timpang, dan perubahan yang terjadi adalah perubahan yang tidak utuh dan parsial.

Pemahaman yang harus diketahui oleh setiap pemuda yang mendedikasikan dirinya sebagai agen perubahan dan kebangkitan Islam adalah pemahaman dan keyakinan akan fikrah yang benar. Fikrah itu adalah Islam yag hanif, sempurna, dan tanpa cacat, dan bersih tidak terkotori oleh ideologi-ideologi lainnya. Selain itu, perlu pemahaman akan tujuan dan tahapan-tahapan dakwah Islam, berikut sarana-sarana untuk mewujudkan tujuan-tujuan tersebut. Tujuan-tujuan tersebut harus diketahui sejara jelas, mulai dari perbaikan individu menjadi individu muslim yang benar-benar muslim dari berbagai sisi, baik itu akidahnya, pemikirannya, ibadahnya, dan akhlaknya, hingga tujuan yang paling besar yang harus dipahami dengan baik yaitu berkibarnya panji Islam memenuhi jagad raya, serta mendakwahkannya kepada seluruh alam.

Pemahaman berikutnya, adalah peahaman yang benar bahwa perubahan yang harus dilakukan haruslah menyeluruh. Tahapan dan sarana yang ada juga harus menyeluruh dan seimbang, tidak boleh berat sebelah. Adalah salah, jika hanya membatasi pada permasalahan ibadah saja, adalah salah pula, ketika menganggap perubahan hanya bisa dilakukan pada aspek ideologi saja, di mana hanya menyerukan pada satu ideologi buatan manusia, seperti nasionalisme sempit, rasialisme, dan pembedaan status sosial.

Setelah memahami secara utuh danmenyeluruh dari karakter-karakter berikut tujuan dan sarana darifikrah Islam yang hanif tersebut, maka amal pertama yang harus dilakukan adalah menyampaikan kepada manusia tentang risalah Islam ini secara utuh dan sempurna pula, tanpa menambahi dan menguranginya. Disamping itu dalam tataran praktis, perubahan perubahan harus mulai digerakkan, untuk menegakkan nilai-nilai Islam pada berbagai sektor dan dimensi yang ada dalam masyarakat secara bertahap dan berkesinambungan. Sektor politik, budaya, ekonomi, pendidikan, dan lainnya harus dapat terayomi dengan nilainilai Islam.

Setiap orang yang berjuang, pasti membutuhkan perbekalan. Begitu pula setiap orang yang akan berjuang dalam perubahan menuju kebangkitan Islam. Perbekalan tersebut adalah keimanan yang tulus, dalam dan kuat. Disamping itu, yang juga menjadi perbekalan utama adalah jihad, kesungguhan, dan pengorbanan.

Hal itulah yang menjadi dasar-dasar utama yang harus diketahui oleh pemuda, sebagai agen perubahan dan kebangkitan, agar dapat melakukan kerja yang sempurna untuk mewujudkan kebangkitan dan perubahan menuju ke


arah kebaikan.

Wallahu A’lam.

Diringkas dari buku Majmu’atur Rasail karya Hasan Al-Banna

Bab Kepada Para Pemuda dan Secara Khusus Kepada Para Mahasiswa

Oleh Hifni M. Ariyadi

23 Ramadhan 1428

Juni 20, 2008 - Posted by | Dakwah, Kajian Islam

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: