:: Kiai Super ::

Suatu Proses Kreatif…

STUDI EKSPERIMENTAL MESIN DIESEL BERBAHAN BAKAR GANDA LPG-SOLAR

STUDI EKSPERIMENTAL MESIN DIESEL

BERBAHAN BAKAR GANDA LPG-SOLAR*)

Oleh: Hifni Mukhtar Ariyadi**)

INTISARI

Dua permasalahan penting yang dihadapi dunia saat ini adalah masalah lingkungan, khususnya pencemaran udara karena penggunaan bahan bakar serta krisis bahan bakar minyak (minyak bumi). Solusi agar dapat keluar dari permasalahan tersebut dibutuhkan suatu inovasi tertentu, di antaranya mencari bahan bakar alternatif sebagai substitusi bahan bakar mineral tersebut. Salah satu bahan bakar alternatif yang berpotensi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah bahan bakar gas, di antaranya adalah LPG (Liquefied Petroleum Gas).

Dalam penelitian ini dilakukan pengujian unjuk motor diesel dengan bahan bakar ganda solar dan LPG, meliputi torsi, daya, konsumsi bahan bakar spesifik (spesific fuel consumption), tekanan efektif rata-rata (brake mean effective pressure), dan perbandingan udara dan bahan bakar (air-fuel ratio) pada berbagai variasi kecepatan putaran. Bahan bakar utama yang digunakan pada penelitian ini adalah LPG. Bahan bakar solar digunakan sebagai pemantik pengapian (pilot fuel). Sebagai pembanding, diuji pula unjuk kerj motor diesel yang sama dengan bahan bakar solar saja.

Hasil dan analisa dalam penelitian ini menunjukkan bahwa motor diesel berbahan bakar ganda LPG dan solar mempunyai torsi, daya, dan tekanan efektif rata-rata yang lebih besar pada putaran rendah, dan lebih kecil pada putaran tinggi dibandingkan dengan motor diesel berbahan bakar solar saja. Nilai konsumsi bahan bakar spesifik masing-masing bahan bakar pada pengujian dengan bahan bakar ganda, baik itu LPG dan solar, nilainya tidak menunjukkan perbandingan nilai yang konstan antara LPG dan solar, berbeda dengan mesin berbahan bakar solar saja yang cenderung cekung. Pola grafik perbandingan udara-bahan bakar mesin berbahan bakar solar saja cenderung linier dengan gradien negatif, sedangkan pada mesin berbahan bakar ganda bahan bakar ganda cenderung tidak memiliki pola tertentu.

Kata kunci: mesin diesel, bahan bakar ganda, unjuk kerja

*) Merupakan Judul Skripsi S1 Penulis, selesai pada tahun 2007

**) Penulis adalah Mahasiswa Program Sarjana Teknik Mesin FT UGM 2003 – 2007

Agustus 4, 2008 - Posted by | Teknologi

15 Komentar »

  1. Assalamu’alaikum
    Saya tertarik sekali membaca abstrak dari skripsi anda,karena kebetulan juga skripsi saya mengenai LPG sebagai dual fuel pada motor diesel. Saya mempunyai banyak kendala dalam skripsi saya. Dan saya berharap anda mau berdiskusi dengan saya mengenai skripsi saya.Trims
    wassalam.

    Komentar oleh ahmad rohadi | Oktober 9, 2008 | Balas

  2. Waalaikumussalam wr. wb.
    Boleh berdiskusi dengan saya, di hifni[dot]ariyadi[at]yahoo[dot]com

    Komentar oleh kiaisuper | Oktober 9, 2008 | Balas

  3. Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Mau nanya neh, berapa volume maksimal LPG yang bisa masuk ke mesin agar tidak terjadi detonasi, apakah berpatokan dengan LEL-UEL nya. to ja dulu

    Komentar oleh ahmad | Oktober 11, 2008 | Balas

  4. Kang, nek ditambah injeksi hirogen [macam temuan baru "air" sebagai pengirit bahan bakar] kira-kira knocking gak? atau malah mengganggu ignition delay-nya? idenya hampir sama dg yang sudah dijajal selama ini di mesin bensin. kasih generator hidrogen masukin ke inlet manifold sebelum LPG-nya masuk.

    Komentar oleh Gugun | Februari 6, 2009 | Balas

  5. itu caranya gimana ya pake LPG, alat yang digunakan seperti apa kurang faham,LPG masuknya lewat mana??

    Komentar oleh rosyid | April 5, 2009 | Balas

  6. mas mukhtar q juga mw tanya ni q jg da rencana skripsi itu tapi pke motor kharisma. jd bahan bakarnya bensin, klo bleh tahu pa cara masukin lpg itu pke alat konverter atau ada cara yang sederhana. mohon bantuanya ya? boleh berdiskusi sama mas kan? email saya ( rosyid_mx@yahoo.co.id ) tolong infonya ya?

    Komentar oleh Rosyid | Mei 3, 2009 | Balas

    • setahu saya pakai alat konverter. saya belum tahu kalau ada teknologi yang lebih sederhana dari itu.

      Komentar oleh kiaisuper | Mei 4, 2009 | Balas

    • Assalamu’alaikum….
      salam kenal, aku jg lagi ngambil TA Bi-Fuel Gasoline-LPG tp yang buat aku bingung, dari beberapa referensi flame speed(kecepatan pembakaran) dari LPG kok beda-beda ya…

      Nah, mungkin saja Mas ada referensi tentang flame speed LPG di bandingkan gasoline, tolong dibantuin mas

      sebelumnya trimakasih

      wassalamu’alikum

      Komentar oleh endika | November 8, 2009 | Balas

  7. mas……
    Q juniornya mas diteknik mesin angkatn 05,,

    saya ambil skripsi tentang karakteristik pembakaran dual-fuel lpg-gasoline,,,

    mohon bimbingannya dunk….

    kalo bisa minta no hpnya mas dunk,,blas lewat email aja…

    oia kenalin, nama saya ardit mas…
    makasih…

    Komentar oleh arditya FH | Mei 27, 2009 | Balas

    • Boleh lah berdiskusi dengan saya… Dosen Pembimbingnya siapa dek? Pak Tri Agung atau Pak Made? Untuk kontak saya sudah saya kirim via email.

      Komentar oleh kiaisuper | Mei 30, 2009 | Balas

    • ardit, TA kita sama-sama dual fuel lPG_gasoline
      klo blh kita berdiskusi ini emailQ : endika_prannanta@yahoo.com

      Komentar oleh endika | November 8, 2009 | Balas

  8. Assalamu’alaikum….

    Mas, aku jg lagi ngambil TA Bi-Fuel Gasoline-LPG tp yang buat aku bingung, dari beberapa referensi flame speed(kecepatan pembakaran) dari LPG kok beda-beda ya…

    Nah, mungkin saja Mas ada referensi tentang flame speed LPG di bandingkan gasoline, tolong dibantuin mas

    sebelumnya trimakasih

    wassalamu’alikum

    Komentar oleh endika | November 8, 2009 | Balas

  9. tolong bantu..krmkan gambaran dr skripsinya
    trima kasih
    klo bpk berkenan mengijin kan saya berdiskusi dgn bpk leawat email
    ini email saya :
    juliyomarthingirsang@yahoo.co.id

    Komentar oleh juliyo marthin girsang | Januari 16, 2012 | Balas

  10. Saya Hasan Asy’ari dari Mekanisasi Pertanian IPB, dikarenakan saya ngambil bidang study Teknik mesin dan Otomasi, saya sedang menyusun bahan skripsi saya mengenai modifikasi mesin diesel dengan bahan bakar pure LPG, apa yang harus saya siapkan? apkah mungkin dengan bahan bakar LPG saja (tanpa campuran bahan bakar lain) daspat digunakan sebagai bahan bakar diesel?
    mohon bimbingan dan arahannya dari senior?
    email saya: prof_pantoera@yahoo.co.id

    Komentar oleh Muhammad Hasan asy'ari | Mei 3, 2012 | Balas

  11. Assalamu’alaikum
    saya Anzar Arivaie mahasiswa teknik mesin untirta saya juga mengmbil judul TA tentang dual fuel mesin diesel dengan LPG.
    mohon bimbingnnya juga pak
    anzar.arivaie@gmail.com

    Komentar oleh Anzar Arivaie | Oktober 15, 2014 | Balas


Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

